Iklan

/

Iklan

Pengabdian Masyarakat oleh Dosen UNIPRIMA: Inovasi Pengolahan Buah Naga di Desa Ganra

Minggu, 06 Oktober 2024, 21:29 WIB Last Updated 2024-10-14T14:36:07Z




Mimbar.News, Soppeng_ Dosen dan mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung laksanakan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat yang fokus terhadap inovasi olahan buah naga di Desa Ganra, Minggu (06/10/2024).


Nurcaya, S.Si., M.Si selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai diversifikasi produk buah naga, tetapi juga membuka peluang usaha baru yang dapat meningkatkan pendapatan mereka. 

"Dengan pengolahan buah naga secara kreatif dapat menjadi peluang usaha baru dan  kami berharap masyarakat Desa Ganra dapat memaksimalkan potensi produk lokal mereka," jelas Nurcaya, S.Si., M.Si.


Pengenalan Alat Tekhnologi dalam pengolahan buah naga


Ridwan merupakan sala satu Warga desa Ganra yang sangat antusias dan menyambut baik kegiatan itu mengungkapkan pada mimbar.news bahwa mereka menyadari selama ini, buah naga hasil panen dijual hanya sebatas buah segar.

"Kami sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. sebelum adanya kegiatan ini kami hanya menjual langsung buah naga dalam bentuk buah segar, sekarang kami bisa mencoba membuat produk olahan sendiri yang bisa kami jual, tidak hanya menjual buah segar," ungkap salah satu warga Desa Ganra, Ridwan.



diwaktu yang sama dia membeberkan bahwa kegiatan itu menyuguhkan pelatihan bagi warga tentang cara mengolah buah naga menjadi berbagai produk aneka olahan bernilai tinggi, seperti keripik dan tepung buah naga. Selain itu, memanfaatkan batang buah naga menjadi pupuk organik yang ramah lingungan. Para peserta yang mayoritas adalah petani dari Kelompok Tani Pakkinnyarangnge dan kelompok Wanita tani mendapatkan pelatihan langsung dari tim dosen dan mahasiswa, mulai dari proses pemilihan buah naga berkualitas, teknik pengolahan, pengemasan produk hingga pemasaran produk menggunakan e-commerce, beber Ridwan.



sekedar diketahui bahwa Kegiatan PKM itu melibatkan Nurcaya, S.Si., M.Si. sebagai ketua tim pelaksana PKM, dan dua anggota tim yaitu Tri Septiani., S.P., M.Si. dan Syamsu Rijal, S.Pd., M.Pd serta sejumlah Mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Universitas Puangrimaggalatung dan kegiatan yang didanai oleh DRTPM Kemendikbudristek itu digelar dengan beberapa tahapan diantaranya: Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan intensif hingga dilanjutkan dengan kegiatan monitoring program.  


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengabdian Masyarakat oleh Dosen UNIPRIMA: Inovasi Pengolahan Buah Naga di Desa Ganra

Terkini

Iklan

Close x