Iklan

/

Iklan

Pemberdayaan KWT Melalui Pembuatan Biogas dan Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga Desa Abbatireng, Kabupaten Wajo

Senin, 23 September 2024, 03:30 WIB Last Updated 2024-09-26T03:38:25Z


Mimbar.News_ WAJO, Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Puangrimaggalatung melaksanakan program pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Melalui Pembuatan Biogas dan Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga di Desa Abbatireng, Kabupaten Wajo. Senin, 23/09/24.


Erni Kasim selaku ketua TIM pelaksana membeberkan pada mimbar.news bahwa Program itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan Kelompok Wanita Tani di desa tersebut melalui pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi sumber energi terbarukan dan pupuk organik,
“kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesejahtraan KWT Abbatiteng, kami berharap Melalui pelatihan intensif, para wanita tani diajarkan teknik-teknik praktis dalam mengolah limbah organik rumah tangga menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk memasak, serta memproduksi pupuk kompos berkualitas tinggi untuk pertanian, beber Erni Kasim.

Diwaktu yang sama dia menambahkan, "Keterlibatan mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung memberi warna tersendiri dalam program ini. Mereka membawa energi dan ide-ide segar yang sangat berharga," tambah Erni Kasim.

DOK; Proses Pembuatan Bio Gas 

Herlina selaku warga Abbatireng mengungkapkan pada Mimbar.News bahwa  program tersebut sangat bermanfaat karena warga mengenal teknologi pengolahan limbah yang bisa bermanfaat bagi kehidupan dan memiliki nilai ekonomi, 
‘’Program ini sangat bermanfaat karena dapat menjadi katalis perubahan di Desa Abbatireng, tidak hanya dalam aspek pengelolaan limbah dan energi terbarukan, tetapi juga dalam pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kapasitas masyarakat desa, khususnya kaum perempuan, Ungkap Herlina.

sekedar diketahui TIM PKM ini diketuai oleh Erni Kasim, S.P, M.Si, beranggotakan dua orang yakni Aslidayanti, S.P., M.Si dan Guna Darman, S.P., M.Si.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemberdayaan KWT Melalui Pembuatan Biogas dan Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga Desa Abbatireng, Kabupaten Wajo

Terkini

Iklan

Close x