Iklan

/

Iklan

MAHASISWA UNIPRIMA RAIH JUARA 2 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ALKALI CONTEST

Rabu, 27 September 2023, 13:19 WIB Last Updated 2023-09-27T06:38:21Z


Mimbar.News, Wajo - Mahasiswa Universitas Puangrimaggalatung (UNIPRIMA) kembali mengukir prestasi dengan meraih juara II di tingkat nasional Lomba Karya Tulis ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada tanggal 18-21 September 2023. 


Muh. Aryan alimuddin yang merupakan salah satu tim UNIPRIMA membeberkan pada mimbar.news bahwa kompetisi kali ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk menciptakan suatu inovasi karena waktu yang diberikan ke kami sangatlah singkat serta harus disesuaikan dengan tema dari kompetisi tersebut yang berfokus pada konsep green chemistry dan hal ini tentunya tidaklah mudah, karena perlu melalui beberapa tahap, Selasa, 26/09/2023.


“Serta diperlukan pula tahapan validasi. Pada tahapan awal penelitian, observasi perlu dilakukan untuk mendapatkan analisis permasalahan lingkungan yang dialami masyarakat. Setelah solusi ditemukan, solusi sebagai inovasi berupa produk nantinya perlu melalui tahap pengujian dan di implementasikan ke sampel penelitian kemudian dibarengi dengan konsultasi bersama para ahli Elisitor Biosaka dan dilakukan revisi maupun uji coba berkali kali hingga penelitian dapat dikatakan berhasil. Namun kami sangat senang dan bersyukur karena kerja keras kami terbayar dengan berhasil membawa pulang predikat juara II,” beber Aryan.


Sementara itu, Muh. Ajrul menambahkan, tips untuk menaklukan dalam lomba karya tulis ilmiah adalah dengan menghadirkan inovasi tidak hanya sebagai produk jadi. Tetapi juga telah teruji, sehingga pada saat presentasi penyampaian gagasan dan alur penelitian dapat tersampaikan secara detail kepada dewan juri.


“Sebagai bibit emas nusantara kita perlu berkontribusi dalam mengatasi berbagai konflik permasalahan yang dialami masyarakat yaitu dengan menghadirkan berbagai inovasi sebagai solusi. Dengan demikian, kami berharap ke depannya permasalahan lingkungan di Indonesia telah terselesaikan,” lanjutnya.


Sekedar diketahui TIM itu beranggotakan dua orang yaitu Muh. Aryan Alimuddin dan Muh. Ajrul merupakan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Puangrimaggalatung. (MAA) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • MAHASISWA UNIPRIMA RAIH JUARA 2 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL ALKALI CONTEST

Terkini

Iklan

Close x