Iklan

/

Iklan

Lima Parpol Akan Jalani Verifikasi Ulang, Heriyanto: Kita Akan Awasi Secara Melekat

Redaksi Mimbar.News
Sabtu, 12 November 2022, 14:17 WIB Last Updated 2022-11-12T07:17:09Z

 

Heriyanto selaku Koordiv Pencegahan, Hubal, dan Humas Bawaslu Kabupaten Wajo. (Foto:Humas Bawaslu) 

Mimbar.News, Wajo - Pasca sidang adjudikasi yang digelar Bawaslu RI (4/11). Sebanyak lima partai politik tambahan yang gugatannya dikabulkan Bawaslu RI akan menjalani verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan. 


Lima partai politik tersebut yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Republik, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), dan Partai Republik Indonesia 


Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Wajo, KPU Kabupaten Wajo kini telah melakukan pencermatan ulang hasil verifikasi administrasi yang telah dilakukan pada tahapan sebelumnya. 


"KPU sementara lakukan pencermatan ulang hasil verifikasi administrasi, karena dari verifikasi administrasi sebelumnya, datanya masih terbaca," ungkap Heriyanto selaku Koordiv Pencegahan, Hubal, dan Humas Bawaslu Kabupaten Wajo. (12/11) 


Heri menambahkan bahwa proses pencermatan ulang itu akan diawasi secara melekat untuk memastikan prosesnya sesuai peraturan perundang-undangan


“Proses pencermatan ulang itu akan kita awasi secara melekat untuk memastikan prosesnya sesuai PKPU dan Juknis,” tambahnya. 


Untuk diketahui, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang memimpin sidang putusan mengatakan berdasarkan fakta-fakta, pihaknya memutuskan untuk mengabulkan pemohon lima parpol tersebut sebagian. 


"Meminta agar terlapor (KPU RI) membatalkan berita acara KPU Nomor 213/PL.01.1-BA/05/2022 tentang rekapitulasi hasil verifikasi administrasi parpol calon peserta pemilu tanggal 13 Oktober 2022," ujarnya dalam sidang.(rls) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lima Parpol Akan Jalani Verifikasi Ulang, Heriyanto: Kita Akan Awasi Secara Melekat

Terkini

Iklan

Close x