Iklan

/

Iklan

Periode April 2022, Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Wajo Berkurang

Redaksi Mimbar.News
Kamis, 28 April 2022, 13:05 WIB Last Updated 2022-04-28T06:06:20Z

 

Rapat Pleno penetapan PDPB kali ini merupakan pleno keempat pada tahun 2022.(foto:PPID) 

Mimbar.News, Wajo - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo kembali menggelar Rapat Pleno Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Periode bulan April tahun 2022 di RPP Kantor KPU Kab.Wajo. Kamis, 28 April 2022.


Rapat Pleno penetapan PDPB kali ini merupakan pleno keempat pada tahun 2022, sebagai bentuk kelanjutan Program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, yang dilaksanakan secara internal Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo dan dihadiri Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Wajo, Kasubbag Program dan Data KPU Kabupaten Wajo. 


Berdasarkan data yang dihimpun, hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang ditetapkan dalam Rapat Pleno untuk bulan April 2022 sebanyak 288.297 dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 136.030, pemilih perempuan 152.267 Adapun Pemilih Baru kali ini sebanyak 17 sedangkan Pemilih TMS sebanyak 55 Pemilih, Sehingga Jumlah data pemilih berkelanjutan yang ditetapkan pada bulan ini mengalami pengurangan dari bulan lalu sebanyak 38 Pemilih, dimana PDPB pada bulan Maret  2022 sebanyak 288.335. hal ini dikarenakan data Pemilih Baru lebih dominan dari data Pemilih TMS. 


Sekedar diketahui, sebelum memasuki agenda penandatanganan Berita Acara Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Periode Bulan April Tahun 2022, Ketua KPU Kab.Wajo, Haedar membuka acara dan menyampaikan pengantar terkait pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2022. 


Ketua KPU Kab.Wajo menyampaikan bahwa PDPB kali ini merupakan kelanjutan program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan sejak tahun 2020, disamping itu mempertanyakan data-data penduduk yang diterima KPU Kab.Wajo sebagai wujud koordinasi yang dilakukan pada beberapa kecamatan, desa/kelurahan di Kabupaten Wajo untuk bahan PDPB April 2022. "Kedepannya juga perlu dilakukan koordinasi secara intens dengan desa/kelurahan untuk kegiatan PDPB ini," pintahnya. 


Sementara anggota KPU Kabupaten Wajo Divisi Teknis, Muhammmad Mursyidin mengatakan bahwa perlu melibatkan kader DP3 Pemilu/Pemilihan untuk menjalankan program PDPB di Desa Tosora dan Desa Raddae.


"Karena itu perlu dilakukan koordinasi pada kedua desa tersebut setelah cuti lebaran idul fitri selesai dengan mengajak pemerintah desa/kelurahan untuk mengeluarkan himbauan kepada warganya agar melaporkan diri dan/atau keluarganya ketikan akan pindah keluar, meninggal dunia  sudah berumur 17 tahun untuk dilakukan perekaman dalam rangka memperoleh data-data pemilih sebagai bahan pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024,"jelas Muhammmad Mursyidin. 


Selanjutnya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kab.Wajo, Andi Tenri Sampeang secara teknis menyampaikan bahwa pengelolaan data pemilih terus dilakukan secara berkelanjutan di tahun 2022.


"Untuk bulan April ini, sumber datanya dari Kecamatan Tempe, Desa Raddae Kec.Penrang, Desa Pallimae Kec.Sabbangparu dan Tanggapan Masyarakat  dalam bentuk Pemilih Baru, Pemilih TMS, dan Ubah Data Pemilih," ucap Andi Tenri Sampeang. 


Diakhir kegiatan, dilakukan pendantanganan Berita Acara Rapat Pleno sebagai bentuk legalisasi Hasil Pemutakhitan Data Pemilih Berkelanjutan Periode Bulan April 2022. Adapun Berita Acara dan lampiran dapat dilihat pada papan pengumuman KPU Kab.Wajo dan Laman KPU Kab.Wajo kab-wajo.kpu.go.id (PPID).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Periode April 2022, Hasil Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Wajo Berkurang

Terkini

Iklan

Close x