Iklan

/

Iklan

Webinar Nasional, HMJ HES Unismuh Makassar Bahas Kontribusi Hukum Ekonomi Syariah dalam Mendukung SDGs

Redaksi Mimbar.News
Rabu, 23 Maret 2022, 19:07 WIB Last Updated 2022-03-23T12:07:19Z

 

Webinar Nasional  dengan tema kontribusi hukum ekonomi syariah dalam  mendukung sustainable development goals. (Foto:asrl/mimbarnews) 


Mimbar.News, Makassar - Webinar Nasional  dengan tema kontribusi hukum ekonomi syariah dalam  mendukung sustainable development goals diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah ( HMJ-HES) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Rabu (23/03/2022). 


Dalam kesempatan itu, Dekan Fakultas Agama Islam ( FAI)  Universitas Muhammadiyah Makassar,  Dr. Amirah Mawardi,  S.Ag., M.Si sekaligus membuka acara webinar kali ini, menyampaikan SDGs adalah program berkelanjutan yang mensejahterakan dan memiliki manfaat untuk rakyat Indonesia.  


"Para peserta webinar kali ini harus mencermati dengan baik sebagai penerus ekonomi syariah, ucapan terimakasih juga kepada semua yang telah  ikut berpartisipasi dalam kegiatan webinar kali ini," ucapnya. 


Sementara, Ketua umum HMJ-HES juga mengatakan dalam sambutannya, bahwa SDGs ini agenda pembangunan gerakan global. Dan merupakan masalah yang urgent di ekonomi syariah. 


Pada sesi pembawaan materi, pemateri pertama dari mahasiswa berprestasi dari fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Indonesia (UI) menjelaskan tentang, Ekonomi global dalam program SDGs. Pembangunan ekonomi memiliki hubungan dua arah dengan kesehatan. Pembangunan ekonomi mempengaruhi kesehatan populasi, sebaliknya kesehatan populasi mempengaruhi pembangunan ekonomi. Kesehatan merupakan sumberdaya yang diperlukan untuk pembangunan ekonomi. 


Ia juga mengatakan, tingkat kesehatan populasi yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas, Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup orang di seluruh dunia, baik dari generasi sekarang maupun yang akan datang, tanpa mengeksploitasi penggunaan sumberdaya alam yang melebihi kapasitas dan daya dukung bumi.


Pada pemateri kedua, Rifqi dari staf DSN-MUI sekaligus mahasiswa S2 universitas Indonesia, alumni Hukum Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  dengan materi Peran hukum ekonomi syariah dalam mendukung implementasi SDGs. Menurutnya SDG memiliki 17 tujuan, yaitu salah satunya termasuk ekonomi. Keuangan syariah seharusnya menjadi motor penggerak utama dalam pencapaian tujuan-tujuan yang ada dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs).

Karakteristik SDG yaitu melihat kemaslahatan umat.(Asrl/mimbarnews) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Webinar Nasional, HMJ HES Unismuh Makassar Bahas Kontribusi Hukum Ekonomi Syariah dalam Mendukung SDGs

Terkini

Iklan

Close x