Iklan

/

Iklan

Pemkab Aceh Barat Bersama BPIP Gelar Program ToT Pembinaan Ideologi Pancasila

Redaksi Mimbar.News
Senin, 21 Maret 2022, 14:35 WIB Last Updated 2022-03-21T07:38:04Z

 

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) menggelar program Training of Trainers (ToT) Pembinan idiologi pancasila bagi guru dayah, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Widyaiswara. (Foto:Istimewa) 


Mimbar.News, Aceh Barat – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) menggelar program Training of Trainers (ToT) Pembinan idiologi pancasila bagi guru dayah, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Widyaiswara, yang dilaksanakan di Aula Gedung B Dinas Pendidikan dan Kebuadayan Kabupaten Aceh Barat, Senin (21/03/2022). 


Bupati Aceh Barat H. Ramli MS  dalam pidatonya mengatakan pentingnya membuka wawasan kita terkait Pancasila sebagai pondasi bangsa, untuk mewujudkan generasi unggul dan handal. 


“Oleh karena itu, menghidupkan kembali karakter setiap insan Indonesia sesuai nilai-nilai Pancasila, merupakan jalan terbaik untuk mengubah Indonesia menjadi bangsa yang maju, dengan SDM yang lebih unggul,” ucapnya.



Lebih lanjut Ia menuturkan bahwa tokoh-tokoh pendiri bangsa dan negara ini adalah para ulama dan para santri, dan salah satu konseptor Pancasila tersebut juga berasal dari ulama aceh, sehingga wajar kita membumikan kembali Pancasila dari serambi mekkah ini hingga Papua. 


Kemudian ia menyampaikan bahwa telah dilaksanakan kongres santri Pancasila di aceh barat, "mungkin ini hasil evaluasi daripada ulama kita yang melihat sudah terdegradasinya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga berkurangnya rasa memiliki bangsa ini, hal ini tercerminkan saat dilaksanakan pesta demokrasi rakyat, saat itulah timbulnya perpecahan, saling menyalahkan satu sama lain, padahal pesta demokrasi itu adalah ajang penguatan konstitusi dan pemersatu rakyat,"imbuh Ramli MS. 


Melihat kondisi itu, ia bersama dinas terkait mengundang BPIP hadir di aceh barat untuk melatih dan mendorong para guru-guru dayah untuk kreatif dalam menyusun dan menggunakan bahan ajar nilai-nilai Pancasila.


"Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan, yang tak kunjung usai, dan mengusik kehidupan berbangsa kita. Mulai dari perilaku korupsi,  sikap intoleransi, kekerasan di lingkungan pendidikan, krisis identitas, budaya kurang santun dalam mengungkapkan perbedaan pendapat, serta sikap-sikap di luar norma lainnya yang terjadi di dalam masyarakat,"jelas Ramli MS. 


Menyikapi hal tersebut ia meminta kepada para pengambil kebijakan di tingkat pusat agar memasukkan kembali Pancasila ini dalam kurikulum pendidikan nasioanal, "bila permintaan ini tidak disahuti oleh pusat maka Aceh Barat akan memasukan Pendidikan Pancasila ini sebagai bahan ajar muatan local, dengan harapan Pancasila itu akan selalu di hati rakyat,"tegasnya.


Disamping itu, Wakil Ketua MPR RI DR. Ahmad Basarah, SH, MH mengatakan kehadirannya ke aceh barat bersama tim BPIP adalah untuk mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan masyarakat di daerah ini, khusunya pada para guru pesantren atau dayah  dan juga untuk para pengurus FKUB, serta pada widyaiswara, untuk menunjukan komitmen bersama, dan juga menurut UU Pemerintahan daerah berkomitmen menjaga kerukunan umat beragama, mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa untuk menegakkan pronsip-prinsip negara Pancasila. 


"Selaku wakil ketua MPR RI yang membidangi koordinasi, sosialisasi 4 pilar berbangsa dan bernegara, hadir sebagai salah satu narasumber ikut bersama-sama menggelorakan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan prinsip-prinsip bernegara yang telah disepakati oleh pendiri negara kita, ungkapnya

Ia berharap kegiatan ini tidak semata seremonial saja, namun juga dapat membentuk duta-duta Pancasila yang terus menggelorakan Pancasila dalam setiap sendi kehidupan dan bernegara, dan mengajak seluruh elemen bangsa agar tetap berkomitmen menjaga  prinsip-prinsip negara Pancasila ini,"tutupnya.(Muhibbul Jamil/Mimbarnews) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Aceh Barat Bersama BPIP Gelar Program ToT Pembinaan Ideologi Pancasila

Terkini

Iklan

Close x