Iklan

/

Iklan

Anregurutta Sanusi Baco Dianugerahi Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020

Redaksi Mimbar.News
Minggu, 23 Agustus 2020, 21:44 WIB Last Updated 2020-08-23T14:45:14Z



Mimbar.News, Makassar - Rais Syuriah Nahdlatul Ulama Sulawei Selatan (NU Sulsel) , AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc (83) baru saja dianugerahi penghargaan karena kontribusi besarnya dalam mewujudkan perdamaian dan kerukunan umat beragama di Tanah Air.

Anregurutta, demikian sapaannya, menjadi salah satu di 75 penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ).

Ada 75 orang anak bangsa terpilih menerima penghargaan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75 dari 5 kategori, namun Anregurutta seorang diri dari Sulsel.

AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc masuk dalam kategori Tokoh dan Komunitas Penggerak Lintas Iman.

Di kategori ini, ada 7 orang dan komunitas menerima penghargaan.

Selain Anregurutta, 6 orang dan komunitas lainnya, yakni KH Husein Muhammad, tokoh ulama, pendiri Fahmina Institute dan pejuang kesetaraan-keadilan gender; Pdt SAE Nababan, tokoh agama Kristen; Romo Franz Magnis Suseno, tokoh agama Katolik; Bhikkhini Santiri Theri, tokoh agama Budha; Pdd Dr Drs I Wayan Miartha M Ag, tokoh agama Hindu; dan Komunitas Jakatarub atau Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama di Bandung.

Dikutip dari TribunTimur.Com, H. Irfan Sanusi, putra sulung AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc mengatakan, penerima penghargaan berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan/profesi, organisasi/komunitas, dan lintas iman.

Pemimpin Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum di Soreang, Kabupaten Maros, Sulsel ini pun memperlihatkan daftar nama penerima penghargaan dari BPIP.

Pada Sabtu (22/8/2020), AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc menerima kiriman paket trofi dan salempang sebagai tanda penghargaan tersebut.

Seharusnya, tanda penghargaan diserahkan langsung di Jakarta seperti tahun sebelumnya, namun karena pandemi virus corona atau Covid-19, akhirnya dikirim langsung kepada penerima.

"Rencananya tanggal 29 Agustus (Sabtu pekan depan), ada pertemuan secara virtual dengan Presiden bersama 75 orang penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila," kata H Irfan Sanusi.

AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel diumumkan menerima penghargaan pada Ahad (16/8/2020) lalu, berdasarkan surat yang ditandatangani Kepala BPIP, Yudian Wahyudi.

Sebelum itu, BPIP menerima usulan nominasi calon penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020 dari berbagai pihak.

Pihak BPIP kemudian melakukan tracking terkait aktivitas Anregurutta, termasuk menggunakan instrumen pemberitaan.

Setelah itu, Anregurutta diminta mengirimkan foto-foto kegiatan dan riwayat hidup.

"Bulan Juli kemarin ada pemberitahuannya dari BPIP kalau Anregurutta menjadi penerima Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila," ujar H Irfan Sanusi.

Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila digelar sejak tahun 2017 dan pada saat itu BPIP masih bernama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila ( UKP PIP ).

Jumlah penerima penghargaan sesuai dengan angka ulang tahun Kemerdekaan RI.

AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc menghaturkan terima kasih kepada BPIP atas penghargaan dianugerahkan kepada dirinya.

Apresiasi Ikon Prestasi Pancasila sebagai sebuah nikmat dari Allah SWT dan tanda dirinya dinilai telah memberi manfaat kepada sesama manusia.

"Penghargaan diberikan adalah sebuah nikmat dari-Nya. itu berarti saya telah memberikan manfaat kepada sesama manusia di dalam membina manusia sesuai 'Khairunnasi ahsanuhum khuluqan wa anfa'uhum linnasi', sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat kepada sesamanya."

Beliau mengajak kepada masyarakat menjaga ideologi Pancasila.

"Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Saya mengajak kepada masyarakat berdoa, jadikanlah agama pengawas dan pengawal dalam aktivitas dalam membangun bangsa ini. Pembangunan tanpa moral dan agama berpotensi membawa malapetaka kemanusiaan," pesan AGH Dr (HC) Sanusi Baco Lc.(*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anregurutta Sanusi Baco Dianugerahi Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020

Terkini

Iklan

Close x